Activity and News

Activity and News
LAUNCHING PAPUA BRIGHT PROGRAM

Timika, 5 Agustus 2022

Corporate Social Responsibility (CSR) United Tractors melaunching Batch Pertama Papuan Bright yang digelar di Kostrad Yonif Raider 754 Mimika. Program tersebut ditandai dengan pembukaan kelas UT School di Timika yang merupakan titik yang ke-20 UT School sejak berdiri tahun 2008. Program pelatihan selama 6 bulan di bidang mekanik alat berat diikuti oleh 23 anak anak asli Papua termasuk 7 suku di Kabupaten Mimika yaitu Suku Amunge, Kamoro, Moni, Damal, Dani, Mee dan Suku Ndunga. Kolaborasi antara UT Site Freeport dengan Pemerintah Kabupaten Mimika, Kostrad Yonif Raider 754, SMK Harapan Awida Timika dan SMK Negeri 1 Kuala Kencana.

Batch Pertama Papuan Bright Program ini diadakan untuk menjawab tantangan di dunia kerja yang yang memerlukan sumber daya manusia yang berkompeten khususnya di bidang alat berat. Sebanyak 23 siswa Batch Pertama mengikuti Pendidikan mekanik alat berat yang tersebar di 2 Learning Point UT School yaitu UT School Timika sebanyak 14 siswa dan UT School Jayapura sebanyak 9 siswa. Sebelum memulai Pendidikan, ke-23 siswa Papua tersebut mendapatkan pelatihan mental dan fisik dari aparat TNI selama 10 hari. Pelatihan Bintalsik dibagi menjadi 2 tempat yaitu Kostrad Yonif Raider 754 Mimika untuk UT School kelas Mimika, dan di Koramil Jayapura untuk UT School kelas Jayapura.

Hadir pada momen tersebut, Direktur UT School, Moch Hamdan Aziz mengungkapkan bahwa UT School berdiri sejak ntahun 2008 dan merupakan bagian dari Yayasan Karya Bakti United Tractors yang memang bergerak khusus di bidang Pelatihan alat berat untuk mekanik dan operator. “Alhamdulillah kita sampai saat ini sudah meluluskan kurang lebih 27 ribu siswa, ada kurang lebih 1200 sekolah yang bekerjasama yang diantaranya ada program regular satu tahun. Jadi saya bersyukur sekali ini adalah penambahan titik yang ke-20 dan ke-21 setelah kami beroperasi di 19 titik” ujarnya. Beliau berharap 23 siswa yang mengikuti pelatihan ini mempunyai kompetensi di bidang alat berat sehingga dapat berkarya di tanah kelahirannya sendiri di tanah Papua. 

Turut hadir pada kegiatan pembukaan tersebut, mewakili Pemerintah Kabupaten Mimika, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos, M.M menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi pihak UT School karena telah memilih Timika menjadi salah satu titik dari 20 titik yang ada di Indonesia untuk mendidik anak anak bangsa agar siap masuk ke dunia kerja. Wabup Pak John juga berterima kasih kepada pihak Kostrad Yonif Raider 754 Mimika yang telah membekali 23 siswa dengan materi seputar mental dan fisik, termasuk wawasan kebangsaan. Beliau berpesan kepada siswa UT School agar mengikuti Pendidikan dengan baik sehingga di dunia kerja nanti menjadi tenaga kerja yang disiplin, etika dan kompetensi.